Selasa, 12 September 2017

Tips Manfaat Kol Bagi Kesehatan Tubuh

Tips Manfaat Kol Bagi Kesehatan Tubuh - Col adalah tanaman daun hijau atau ungu dari jenis Brassica oleracea. Ternyata, manfaat kubis atau sayuran yang juga disebut kubis banyak.

Koloni adalah salah satu sayuran yang mudah ditemukan dimana-mana. Indonesia bahkan merupakan negara yang memproduksi tujuh brassica kubis dan sayuran di dunia. Seperti sayuran lainnya, kubis sarat dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
Tips Manfaat Kol Bagi Kesehatan Tubuh
Tips Manfaat Kol Bagi Kesehatan Tubuh

Kol mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin B6, asam folat, kalori atau sumber energi, karbohidrat, protein, mangan, kalsium, potasium dan tiamin atau vitamin B1 lainnya. Makan setengah cangkir kubis yang dimasak bahkan bisa memuaskan sekitar 47% kebutuhan vitamin C. harian.

Bahkan membuat perut kembung kol banyak loh

Selain itu, kubis juga mengandung antioksidan choline, beta-karoten, lutein dan zeaxanthin, serta kaempferol flavonoid, quercetin dan apigenin. Senyawa nutrisi ini lebih banyak mengandung ungu daripada kol hijau.

Dilihat dari banyaknya nutrisi di kubis, tidak mengherankan bila cabai memiliki segudang khasiat baik untuk tubuh jika dikonsumsi. Beberapa manfaat kubis meliputi:

Mencegah kanker

Columbus mengandung senyawa antikanker sulforaphane yang dipercaya bisa mengurangi risiko kanker pada diri seseorang. Sulforaphane dipercaya bisa menghambat enzim berbahaya yang membuat sel kanker berkembang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda makan kol, Anda bisa menunda atau menghambat berbagai jenis kanker seperti kanker melanoma, esofagus, prostat dan pankreas. Risiko kanker kandung kemih, usus, perut dan paru-paru diasumsikan turun jika mereka sering mengkonsumsi kol dan sayuran seperti.

Di sini, ada kabar baik bagi wanita, taksi juga mengandung bahan kimia alami yang diduga mengurangi ukuran kanker payudara. Anthocyanin juga mengandung antioksidan ungu yang telah terbukti dapat mengurangi kecepatan sel kanker untuk membunuh sel kanker yang telah terbentuk, dan menghentikan pembentukan pertumbuhan tumor baru.

Kesehatan jantung

Selain melindungi tubuh dari serangan kanker, antioksidan anthocyanin juga mampu menekan peradangan yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular. Diperkirakan juga kandungan polifenol tinggi di kubis mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Caranya, dengan mencegah penumpukan platelet dan menurunkan tekanan darah.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa menambahkan jus buah dan sayuran yang dicampur dengan kol dan brokoli selama 3-9 minggu dapat diharapkan menurunkan kolesterol buruk LDL pada orang dengan kadar kolesterol tinggi. Namun, berbagai klaim sebelumnya masih memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

Meredakan payudara bengkak

Dipercaya bahwa Cole efektif mengurangi atau menghilangkan pembengkakan payudara atau nyeri pada ibu menyusui. Cara meletakkan daun kubis di kulit dada.

Kekebalan tubuh dan pencernaan

Kubis fermentasi kaya akan probiotik yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh dan pencernaan. Vitamin dan mineral lebih mudah diserap tubuh dengan bantuan mikroba ini. Selain itu, kandungan serat dan air di kubis dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga agar saluran pencernaan tetap sehat.

Tanaman lainnya bermanfaat

Dari berbagai manfaat kubis, sayuran ini diduga mampu mengatasi sakit perut, usus dan sakit maag, kelebihan asam lambung, asma, morning sickness pada kehamilan (morning sickness), dan pencegahan osteoporosis. Salah satu senyawa dalam kubis bahkan mampu melindungi tubuh dari efek berbahaya terapi radiasi. Sayangnya, diperlukan lebih banyak penelitian untuk menguji manfaat dari kubis ini.

Meski kubis memiliki segudang khasiat, tidak juga mengonsumsi sayuran ini yang berlebihan. Terlalu banyak kembang kol dapat menyebabkan pembengkakan perut, penyakit bawaan makanan, dan gondong (jika kekurangan asupan yodium).

Baca juga: Sunat Pekanbaru

Menghindari atau mengurangi konsumsi kubis jika Anda sedang hamil atau menyusui, menderita diabetes, kelenjar tiroid kurang aktif atau akan membedah. Ada beberapa manfaat kubis yang bisa Anda nikmati, namun Anda tetap harus berhati-hati saat memakainya. Mintalah ahli gizi untuk mengetahui lebih banyak tentang manfaatnya.

8 komentar:

  1. Cari agen judi online aman dan terpercaya?
    Daftar disini aja www(dot)updatebetting(dot)co

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    di FANSPOKER || add pin bb 55F97BD0

    BalasHapus

  3. mari coba keberuntungannya bersama kami hanya dengan
    deposit minimal 10.000 bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apalagi, segera bergabung bersama kami di F*A*N*S*P*O*K*E*R

    BalasHapus

  4. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000

    BalasHapus
  5. Bosan main poker sama ROBOT? Kapan menangnya?
    Mari bergabung bersama kami di IONQQ'NET , main poker tanpa Robot 100% player vs player,,,
    Add bbm kami *58ab14f5*

    BalasHapus
  6. binggung mau ngapain??
    ayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
    menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
    p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
  7. binggung mau ngapain??
    ayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
    menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
    p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
  8. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    BalasHapus