Selasa, 05 September 2017

media semai cabe besar

media semai cabe besar - Kelompok Tani Sri Lestari di Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur patut diacungi jempol. Kelompok tani ini berhasil mengembangkan teknik semai menggunakan alat sederhana. Selain mampu mempercepat pembuatan media semai, teknik ini juga lebih hemat biaya. Salah satunya karena membuat media semai tidak perlu menggunakan plastik polibag, tanpa perlu memasukkan media tanah atau kompos satu persatu ke tiap polibag.
media semai cabe besar
media semai cabe besar

Bapak Hartono adalah pencetus alat semai sederhana tersebut. Hanya bermodalkan besi dan papan kayu cetakan, Bapak Hartono berhasil membuat media semai lebih mudah dan ekonomis. Cetakan besi berfungsi untuk membuat jarak tanam antar bibit, sekaligus sebagai tanda pembuatan lubang tanam. Sedangkan papan kayu dengan yang dibawahnya dilengkapi paku kayu berfungsi untuk membuat lubang tanam. Jarak paku kayu disesuaikan dengan jarak tanam yang diinginkan.

Untuk pembuatan medianya sendiri, Hartono dan rekan petani lainnya mempunyai formula sendiri. Dari serangkaian percobaan yang dilakukan, tidak semua media semai polibag cocok untuk teknik ini. Perbandingan campuran kompos dan tanah biasa yang dicampur air ternyata membuat media mudah pecah saat cetakan diangkat. Hal yang sama terjadi pada beberapa media yang diambil dari beberapa tempat.

Akhirnya setelah proses pencarian, didapatlah media tanah dibawah pohon bambu. Tanah hasil pelapukan dari daun bambu ternyata mampu mengikat media lebih kuat, tidak mudah hancur, namun mempunyai tekstur tetap lembut. Tanah disekitar bambu yang paling baik adalah lapisan atas yaitu 5 cm pertama. Untuk media ini, tanah bambu dicampur kompos dengan perbandingan 2:1.

Cara membuat media semai yang baik akan meningkatkan persentase tumbuh penyemaian atau pembibitan lebih maksimal. Media persemaian memiliki peran penting penting untuk fase pertumbuhan, berbeda dengan tanaman yang telah cukup umur untuk di pindah baik itu dalam pot, polybag atau ke lahan pertanian. Masa-masa pertumbuhan benih membutuhkan media yang dapat di tembus oleh akar tunjang atau serabut yang tergolong masih lunak.

Jika media persemaian terlalu padat tentunya sangat mempengaruhi masa-masa pertumbuhan bibit itu sendiri, proses perkembangan akar tanaman berdampak besar bagi tumbuh kembang pembenihan selanjutnya. Langkah yang harus anda persiapkan adalah menyediakan bahan-bahan dengan porositas baik, mampu menjaga kelembaban serta kaya kandungan nutrisi dan mineral.

Campuran media semai yang baik adalah faktor penting untuk mempercepat pertumbuhan akar, memberikan kesuburan dan kesehatan tanaman semai. Berbeda dengan cara menyemai bibit padi pada lahan persawahan umumnya, pembuatan media semai ini cocok untuk pembibitan di polybag. Seperti pembibitan pepaya, cabai, terong, tanaman sayuran yang lainnya bahkan untuk pembibitan atau persemaian Kurma.

Salah satu cara memilih media penyemaian bibit atau benih cabai yang baik adalah dengan mengetahui bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya. Penyemaian adalah proses penting dalam tumbuh kembang cabai, terutama kalau Anda ingin mengembangkannya dalam jumlah banyak. Kemudian, media yang dipakai untuk menyemai cabai juga bisa Anda buat sendiri untuk menekan biaya pengeluaran.

Setidaknya, ada empat bahan untuk membuat media penyemaian cabai, yakni arung sekam, bokashi, cocopeat, dan kapur pertanian. Bahan-bahan tadi mempunyai manfaat dan fungsi masing-masing yang dapat menunjang penyemaian cabai seperti yang dijelaskan berikut ini.

Arung Sekam
Arung sekam yang dimanfaatkan sebagai media semai cabai mempunyai benefit seperti meningkatkan level pH. pH sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan cabai, karena elemen ini memungkinkan adanya fosfor (P) dalam tanah. Fosfor mempunyai peran yang tak kalah penting dalam tahap ini, yakni untuk membuat batang semakin kokoh, membantu pembelahan sel, mempercepat perkembangan akar, dan memperbaiki kualitas dari benih yang Anda pakai. Sementara penambahan arang berfungsi sebagai media tanam atau semai untuk cabai mampu menunjang peningkatan dalam sistem pertukaran udara atau aerasi di bagian akar tanaman cabai.

Bokashi
Dalam cara memilih media penyemaian bibit atau benih cabai yang baik, bokashi mempunyai peran yang tak kalah penting seperti halnya arung sekam. Sebagai media semai tanaman cabai, bahan-bahan yang digunakan dalam pupuk kandang yang telah melewati fermentasi mampu memperbaiki sifat kimiawi dan biologisnya. Selain itu, pupuk kandang atau kompos fermentasi juga sanggup memacu pertumbuhan dari tanaman cabai hingga menjaga kesehatan fisik dari bibitnya, sehingga terhindar dari penyakit dan hama. Kemudian, fungsi lain yang akan Anda dapatkan dari bokashi adalah dapat mencukupi kebutuhan unsur hara makro maupun mikro untuk tanaman.

Cocopeat
Bahan selanjutnya yang digunakan untuk membuat media semai cabai adalah cocopeat. Bahan-bahan yang terkandung di dalam cocopeat berperan penting dalam tumbuh kembang cabai. Dampak positif yang paling terlihat adalah pada bagian akar tanaman. Selanjutnya, cocopeat juga memiliki kelebihan seperti mampu memperbaiki proses pertukaran udara hingga menjaga tingkat kelembapan. Sehingga, cocopeat atau yang lebi dikenal sebagai sabut kelapa ini pun sangat cocok Anda gunakan sebagai media semai untuk mengurangi pemakaian air. Terutama kalau Anda hendak membudidayakan tanaman cabai saat musim kemarau berlangsung.

Kapur Pertanian
Kapur pertanian adalah bahan yang harus Anda perhatikan dalam cara memilih media penyemaian bibit atau benih cabai yang baik. Jenis kapur yang digunakan dalam dunia pertanian memberi pengaruh pada tingkat pH dalam media asam, baik saat kondisinya asam atau acid maupun kala mendekati level netral. pH mempunyai peran yang sangat penting untuk menjaga pertumbuhan tanaman. Dalam kondisi netral, pH akan meningkatkan aktivitas organisme untuk menguraikan arung sekam, bokashi, dan sabut kelapa. Selain itu, kapur pertanian atau dolomit adalah memperbaiki struktur dari media semai dan menghindari pencucian yang terjadi dalam unsur hara.

Tujuan penyemaian benih adalah untuk mengurangi kematian akibat tanaman yang belum siap dengan kondisi lapangan. Baik itu melindunginya dari cuaca ataupun gangguan lainnya.
Tanaman yang memerlukan tahap penyemaian biasanya yang mempunyai siklus panen menengah hingga panjang dan memiliki benih yang kecil-kecil. Untuk tanaman dengan siklus panen cepat seperti bayam dan kangkung, tahap penyemaian menjadi kurang ekonomis. Sedangkan untuk tanaman yang memiliki biji besar, sebaiknya ditanam dengan ditugal. Tanaman yang berbiji besar relatif tahan terhadap kondisi lingkungan karena didalamnya telah terkandung zat yang berguna menopang awal pertumbuhan. Beberapa jenis hortikultura yang biasa disemaikan antara lain tomat, cabe, sawi, selada dan sebagainya.

Hal pertama yang harus disiapkan adalah media tanam. Sebagai tempat benih/biji berkecambah media tanam ini harus terjamin dari segi ketersedian nutrisi, kelembaban dan struktur baik. Media persemaian yang alami terdiri dari campuran tanah dan bahan-bahan organik yang memiliki kandungan hara tinggi. Selain itu ketersediaan air dalam media persemaian harus mencukupi atau tingkat kelembaban yang relatif lebih tinggi dari areal tanam biasa.
Tanah yang baik untuk media persemaian diambil dari bagian atas (top soil). Sebaiknya ambil tanah dengan kedalaman tidak lebih dari 5 cm. Tanah yang baik merupakan tanah hutan, atau tanah yang terdapat di bawah tanaman bambu. Tanah tersebut memiliki karakteristik yang baik, terdiri dari campuran lempung dan pasir. Lempung benrmanfaat sebagai perekat media tanam sedangkan pasir bermanfaat untuk memberikan porositas yang baik.
Untuk memperkaya kandungan hara bisa ditambahkan dengan pupuk organik. Bisa berupa pupuk kandang yang telah matang atau pupuk kompos. Hal yang penting adalah haluskan pupuk tersebut dengan cara diayak. Struktur yang kasar tidak baik untuk pertumbuhan benih/biji yang baru berkecambah karena perakarannya masih terlalu lembut.
Campurkan bagian tanah dan pupuk organik dengan rasio 1:1. Atau bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Cirinya, setelah dicampurkan ditambah air teksturnya bisa solid (bisa dikepal tidak ambrol) namun tidak becek.

4 komentar:


  1. binggung mau ngapain??
    ayo gabung langsung di ionqq/c/0/m
    menangkan hadiahnya hingga ratusan juta rupiah
    p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus
  2. Yuk teman-teman Pecinta Bola Dukung Team Jagoan Kalian di www(dot)updatebetting(dot)co

    BalasHapus

  3. hy guys ingin nmendapatkan uang jutaan rupiah gak ^^
    ayo segera bergabung dengan saya di FANSPOKER
    disini hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian semua bisa menang jutaan rupiah lo
    ayo tunggu apa lagi kami tunggu ya pendaftarannya ^^

    BalasHapus
  4. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus