Kamis, 14 September 2017

Manfaat Buah Erbis Bagi Kesehatan - Buah erbis adalah salah satu buah yang paling umum di Indonesia. Buah ini termasuk sebagai jenis markisa dengan bentuk lebih besar dan oval dibanding jenis markisa lainnya.
Manfaat Buah Erbis Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Erbis Bagi Kesehatan 

Tanaman ini bisa tumbuh subur di daerah dataran rendah. pH tanah dengan jumlah sekitar 5,5 sampai 6,5 menjadi media yang sangat tepat untuk budidaya buah erbis. Tanaman ini tidak memerlukan banyak air sehingga lebih nyaman tumbuh di darat.

Perbanyakan tanaman erbis bisa dilakukan dengan menabur benih dan kemudian pindah ke tanah yang sesuai. Lebih baik kalau menanam di musim hujan.

Baca juga: sunat pekanbaru

Kandungan gizi buah Erbis

Buah erbis mengandung berbagai jenis nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita. Meski di beberapa daerah tanaman ini hanya digunakan sebagai tanaman pagar hidup. Setiap 100 gram erbis mengandung beberapa bahan seperti:

energi (72kkal)
protein (0,5 gram)
karbohidrat (19 gram)
kalsium (10 mg)
fosfor (50 mg)
besi (1 mg)
vitamin A (10 IU)
vitamin C (16 mg)
Buah erbis mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan. Konsumsi erbis buah sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Anda bisa mengolahnya dengan jus atau buah untuk digigit. Rasa alami erbis manis, asam dan menyegarkan. Berikut beberapa manfaat erbis:

1. Menjaga kesehatan usus

Pada setiap 100 gram erbis mengandung sekitar 64 gram serat larut, yang berarti serat jenis ini sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Manfaat serat larut dalam buah erbis sangat baik untuk memperbaiki proses amilase usus adalah proses yang dapat membantu mengubah gula kompleks makanan menjadi gula sederhana yang bisa langsung menuju ke sistem pencernaan. Serat juga menurunkan pH dan kadar amonia di usus sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus.

Manfaat buah erbis juga bisa mengatasi masalah ketidakseimbangan bakteri di usus dan mencegah kemungkinan tumor atau kanker usus besar. Serat juga bagus untuk mencegah unggas dan wasir.

2. Pencegahan asma

Menurut sebuah penelitian yang dikembangkan di Iran diketahui bahwa kulit gelatin dan erbis mengandung senyawa dan asam khusus yang dapat mencegah serangan asma untuk penderita asma pada berbagai skala.

Buah erbis juga mengandung manfaat antioksidan tinggi yang bisa mengatasi penyakit kanker dan jantung. Kandungan senyawa flavonoid buah-buahan juga bisa menjadi antihistamin alami yang mencegah rasa sakit dan penindasan pada penderita asma. Bahkan buah erbis juga bisa mengatasi alergi dan demam pada penderita asma.

3. Mencegah penyakit jantung

Kandungan polifenol dalam biji erbis mengandung manfaat yang sangat besar untuk pemeliharaan kesehatan jantung. Kandungan senyawa ini bisa mengatasi masalah pembuluh darah dan menjaga pembuluh darah tetap rileks untuk mengatasi ketegangan di pembuluh darah. Senyawa dan nutrisi buah erbis ini juga bisa menjaga kesehatan jantung, karena bisa membantu kerja pembuluh darah dan mengatasi kerusakan sistem pembuluh darah.

4. Mencegah kanker

Manfaat Buah erbis mengandung alkaloid tinggi dan senyawa antioksidan dan dapat bertindak sebagai agen kesehatan yang mengatasi radikal bebas. Selain itu, erbis juga mengandung phytochemicals seperti karotenoid dan polifenol yang bisa mencegah timbulnya sel kanker. Jenis asam yang ditemukan pada buah erbis seperti linoleat, oleat, palmitat dan strearite dapat mencegah risiko kanker payudara.

Buah erbis juga penting untuk mengatasi berbagai jenis pertumbuhan jamur dalam tubuh, untuk mengatasi berbagai jenis penyakit yang mungkin timbul akibat zat radikal bebas.

5. Mengatasi Gangguan Tidur

Gangguan tidur yang sulit seperti insomnia dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit seperti serangan jantung dan kanker. Ini karena organ tubuh dan sel tubuh tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Makan buah bisa mengatasi gangguan tidur karena bisa menimbulkan efek menenangkan bagi pikiran dan perasaan. Makan buah dianjurkan untuk semua orang yang memiliki gangguan tidur.

6. Mengatasi Kecemasan

Kecemasan menjadi salah satu perasaan yang bisa meningkatkan stres dan bisa mempengaruhi kerja organ pada umumnya. Banyak orang kemudian menderita penyakit serius hanya karena mereka sering merasa cemas sepanjang waktu. Gangguan kecemasan yang berlangsung lama juga bisa menimbulkan masalah pada tekanan darah seperti hipertensi.

Begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh hanya dari buah-buahan. Karena itu mulailah beralih dari minuman kaleng dan mulailah gaya hidup sehat anda dengan memanfaatkan khasiat buah-buahan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar