Selasa, 05 September 2017

cara menyemai cabe dengan tisu

cara menyemai cabe dengan tisu - Berikut panduan dasar yang antara satu dengan gardener lainbisa saja berbeda cara dan langkah dalam melakukan penyemaian benih. Terlepasdari cara yang manakah yang paling efektif dan efisien, anda perlu mempelajari beberapateknik germinasi dan kemudian membandingkan nya sendiri. Disini cara yangpaling mudah dilakukan dan paling tinggi tingkat keberhasilan nya adalahmenyemai dengan media tissue atau kapas basah. Untuk cara lain tidak kamirekomendasikan.
cara menyemai cabe dengan tisu
cara menyemai cabe dengan tisu
Langkah yang harusdilakukan:
Sebagai langkah awaluntuk mematahkan dormansi benih, rendam benih dalam air yang cukup banyakselama 2 sampai 3 jam, suhu hangat lebih disukai. Benih cabai kering akanmengambang, tapi bukan berarti itu jelek sebab masa jenis benih kering memanglebih ringan dari pada masa jenis air, aduk perlahan sehingga benih perlahan akantenggelam. Tujuan merendam dalam air yang banyak adalah untuk melarutkan zatyang melindungi benih untuk tidak tumbuh agar larut di dalam air. Cabai yang pedas harus sedikit lebih tawarsebelum disemai, rasa pedas akan menghambat pertumbuhan, makin pedas jeniscabai nya maka makin lama pertumbuhan nya. Untuk benih segar yang diambillangsung dari buahnya tidak perlu direndam yach, langsung tebar saja nanti akan tumbuh. Setelah di rendam, maka benih akankelihatan lebih bersih, lebih mekar dan berisi.

Yang harus diperhatikan: Jangan mencampur benih yang berbedajenis dalam satu semaian tanpa menandainya terlebih dahulu. Pastikan anda mampumengidentifikasi jenis tanaman yang anda semai di kemudian hari. Untuk ituberilah nama jenisnya dan jika perlu tanggal semai nya.
Siapkan tissue kering atau kapas kering dan wadah kedapudara, misalnya plastic atau toples. Kalau saya lebih suka menggunakan plastik,lebih murah dan setelah selesai langsung buang. jangan lupa tulis pada plastic atau toples tersebut dengan nama jenis cabaiyang akan anda semai, jika diperlukan catat pula tanggal semainya.
Masukkan tissue atau kapas kedalam plastik dalam keadaan kering dan ditata biar rapih, lalu setelah sesuaidengan plastik nya baru dibasahi dengan air secukupnya. Ukuran cukupnya yaituketika kapas yang basah terendam air diperas sedikit sehingga cukup basah namunair tidak nampak menggenang atau tidak ada lagi air menetes meski kapasdiayun-ayunkan. Lalu setelah itu taruh biji yang sudah direndam tadi di atastissue yang sudah basah, cukup ditaruh jangan ditutupi tissue lagi. Lalu tutupplastic rapat rapat dengan diisi udara sedikit.

Setelah itu taruh di dekat jendela atau tempat yang palingterang krn cahaya matahari namun jangan terkena sinar matahari langsung.Kondisi yang baik dalam 12 jam setelah ditutup muncul uap air di dalamplastiknya itu. Pastikan jangan terkena cahaya langsung sebab panas menyengatakan menghentikan proses pertumbuhan benih. Selalu jaga kelembaban, tiap soredibuka plastiknya agar udara berganti, sekaligus untuk meneliti kalau sudah adabenih yang berkecambah.
Selang waktu 5 - 21 hari maksimal1 bulan (perbedaan waktu sprout tergantung jenisnya, makin pedas maka makinlama tumbuhnya, benih tidak tumbuh secara serentak meski disemai pada waktuyang sama), biji akan berkecambah dan terlihat calon akar berwarna putih. Jikasudah ada yang berkecambah, segera ambil untuk di tanam pada media tanah suburdan biarkan yang belum berkecambah di dalam media tissue atau kapas basah.

Tempat pindah tanam dari kecambah ke tanah bisa denganmenggunakan cup plastic, polibag atau pot yang dilubangi bagian bawahnya. Carameletakkan benih nya, pastikan ujung akar menghadap ke bawah, jangan sampaipatah atau lebih aman nya dipindah ketika akar masih sangat pendek, lalu bijijangan dibenamkan, cukup ditaruh di permukaan saja, lalu dikasih sedikittimbunan tanah di sekeliling biji, pastikan biji masih  terlihat dari luar agar biji mendapatkancahaya dan tidak busuk dan makin cepat tumbuh.

Setelah biji ditanam, jaga kelembaban media, taruh ditempatteduh namun terang, jangan diberi terlalu banyak air sebab akan memicu busukakar. Yang tidak boleh lupa adalah memberi label nama pada setiap benih yangditanam. Tunggu sampai muncul daun kotiledon seperti ini baru ditaruh ditempatyang panas mataharinya full. Bibit akan baik-baik saja meski panas seharian,sebab tanaman muda sangat cepat beradaptasi dengan lingkungan baru nya.

Pindahkan tanaman ketikaakarnya sudah terlihat cukup banyak, atau ketika daun nya sudah berjumlah sekurang-kurangnya9 helai daun. Pindahkan ke tempat yang lebih besar, dan segera berikanpupuk kompos tambahan agar pertumbuhan nya cepat, dan berikan pupuk tambahanberupa NPK mutiara ketika terlihat calon bakal bunga agar bunga tidak rontok,jika bunga banyak maka buahnya juga banyak.

3 komentar:

  1. Kami IONQQ * NET Agen Poker Terpercaya dengan 5 support bank ( BCA, MANDIRI, BNI, BRI & DANAMON )
    Dengan Minimal Deposit Rp. 20,000,- | pin bb:58ab14f5

    BalasHapus
  2. Yuk teman-teman Pecinta Bola Dukung Team Jagoan Kalian di www(dot)updatebetting(dot)co

    BalasHapus
  3. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus